7 Tips Memilih Venue Pernikahan


Menentukan venue pernikahan tentunya akan ada diskusi antara kedua keluarga mengenai penentuan tanggal, nah sebaiknya pada pertemuan ini kamu meminta 2 sampai 3 tanggal alternatif kepada keluarga untuk menghindari apabila persiapan pernikahan kamu ini cinderung singkat (kurang dari 6 bulan)



Sebelum menentukan pilihan, ada 7 hal nih yang harus benar-benar kamu perimbangkan sebelum memilih venue pernikahan. Jangan sampai kalian nanti menyesal karena pilihan kalian tidak dipertimbangkan jauh-jauh hari. Nah kalau gitu kita langsung simak yuk 7 hal apa saja yang perlu kita perhatikan ketika memilih venue
1.       Konsep dan Budget
Buat kamu yang sudah memimpikan konsep pernikahan dengan pasangan jauh-jauh hari, pasti langsung akan terbayang akan digelar secara indoor atau outdoor, modern atau tradisional, dan private atau pesta bersama dengan banyak tamu undangan. Kalau funding acara pernikahan ini bukan hanya kamu dan calon pasanganmu, kamu perlu pertimbangan kedua keluarga mengenai berapa budget yang akan dikeluarkan untuk venue pernikahan ini karena proporsi tamu undangan bakal banyak dari keluarga dan relasi orang tua juga.

2.       Kapasitas venue
Setelah memperkecil pilihan venue pernikahan, hal yang harus diperhatikan apakah venue tersebut muat untuk daftar tamu undangan yang diperkirakan oleh kedua keluarga. Tanyakan ke pihak venue berapa kapasitas maksimal tamu yang pernah mereka handle di tempat tersebut. Jangan pernah mengabaikan kenyamanan tamu ya, karena venue yang penuh sesak akan meninggalkan kesan yang buruk seumur hidup bagi tamu-tamu undangan.

3.       Lokasi yang strategis
Usahakan untuk memilih venue yang mudah dijangkau oleh semua kalangan, baik itu calon mempelai, keluarga, panitia maupun tamu undangan. Venue pernikahan yang jauh dari rumah akan menurunkan tingkat kedatangan tamu undangan, kalau kamu sudah cocok dengan suatu venue kamu bisa mengabaikan faktor ini, tentunya dengan menyediakan transportasi  bagi tamu-tamu undangan baik dari keluarga ataupun dari tetangga mempelai.

4.       Fasilitas dan peraturan-peraturan venue
Ketika kamu sudah memutuskan menyudahi browsing dan datang ke suatu venue pernikahan, alangkah baiknya kamu mempersiapkan daftar pertanyaan-pertanyaan seperti; fasilitas-fasilitas yang sudah termasuk dengan gedung dan mana yang belum termasuk, kontrak sewa, charge /pungutan diluar harga gedung, dll. Apabila perlu mintalah lembar tata tertib beserta daftar harga sehingga dapat kamu baca ulang dan pelajari setiap saat.  Untuk venue indoor pastikan untuk menanyakan sumber dan cadangan tenaga listriknya, sedangkan untuk venue outdoor pastikan venue tersebut mempunya indoor area atau resto area untuk mengantisipasi apabila cuaca tidak bersahabat.

5.       Kapasitas dan regulasi parkir
Untuk sebagian orang, memberikan fasilitas parkir gratis dan tempat parkir yang nyaman adalah suatu penghargaan sendiri untuk pemangku hajat, jadi dari jauh-jauh hari pastikan venue yang kamu pilih mempunyai tempat parkir yang memadahi dan regulasi parkirnya pun jelas. Jangan sampai tamu mendapatkan kesan yang tidak baik pada saat datang ke pesta pernikahanmu

6.       Segera booking tanggal
Apabila sudah mendapatkan venue yang tepat, pastikan untuk langsung membooking tanggal yang kamu inginkan, jangan sampai karena kamu mengulur waktu booking, tanggal tersebut sudah diisi oleh calon pengantin lain. Pastikan setelah membooking tanggal minta juga nomor kontak pengurus gedung yang menemui kamu pada saat itu apabila pada kemudian hari kamu mempunyai pertanyaan-pertanyaan yang penting untuk ditanyakan kepada pihak gedung.

7.       Serahkan ke wedding planner kalian
Selamat, setelah menyelesaikan proses booking kini kamu bisa melangkah ke persiapan-persiapan pernikahan selanjutnya seperti menyusun daftar tamu undangan, booking catering, pemberkasan administrasi nikah, konsep dekorasi, undangan, souvenir, dan lain-lain. Apabila pekerjaan atau aktivitas kamu sangat padat sehingga tidak mampu untuk menghandle persiapan sendirian, maka disitu saatnya kamu bekerjasama dengan wedding planner & organizer, karena mempersiapkan pernikahan akan memerlukan fokus dan detail juga cukup menyita waktu. Ingin acaramu dibantu oleh Alunan Wedding Planner & Organizer? Coba yuk ngobrol-ngobrol dulu sama kita


https://tribulant.com/blog/wp-content/uploads/2018/08/whatsapp-button.png